Selamat datangg

Sugeng Rawuhh, selamat datang di Blog ini. silahkan dibaca dan semoga bermanfaat :)

Sabtu, 17 Maret 2012

Berkaca pada KUDA


Malam jumat kemarin, tanggal 24 november 2011 aku bareng anak kos maen ke malioboro, awalnya gak ada niatan kesana sih. Cuma, abis makan dari WS abis itu pingin ngabisin waktu, mumpung waktu itu masih sekitar pukul 20.00, rasanya ga puas kalo Cuma makan makan aja , itung itung melepaskan stres karena pagi harinya MCQ 1 . tujuan awal kita sih ke movie box, tapi berhubung udah full. Akhirnya kita mengganti dengan maen ke alkid, itu rencana awal, terus tiba tiba terbesit ide cemerlangku, akhirnya ku putuskan untuk naek andong aja, toh pasti udah bosen maen ke alkid dengan wisata sepeda nya, dan aku yakin anak anak pada belum pernah naek andong di malam hari sambil keliling keliling jogja, dan setelah semua setuju, kita akhirnya naek andong deh, seruu. Semua suka, semua menikmati perjalanan singkat rute malioboro-malioboro itu, alhamdulillah, berarti ideku di terima. Hehe

Nah, disaat naek anong inilah aku mendapatkan hikmah, berawal dari obrolan kita dengan pak kusir andong yang bersahaja dan baik hatinya, pak kusir bilang kalo kuda nya itu baru hamil 10 bulan, tinggal 1 bulan lagi melahirkan, duh ! saat mendengar itu semua kita jadi trenyuh dan merasa bersalah, terutama aku, karena aku yang milih bapak itu, hanya karena masalah sepele, yaitu tawar menawar harga yang nggak pas dengan seleraku, padahal hanya beda 10ribu dari andong pertama kali ku datangi, tapi kalo dipikir pikir mungkin itu rejeki pk kusir yang bersahaja juga sih,karena tiba tiba aku memilih ke pak kusir itu (berarti Allah sudah mengarahkan ku, jadi aku juga ga sepenuhnya salah kan ya Allah? Tapi kalo aku bersalah, maafkan aku yaa ya Allah J) lanjutt, gimana gak merasa bersalah? Bayangkan aja coba, kalo manusia hamil dengan usia kandungan 8 bulan, terus disuruh kerja rodi, tanam paksa (ibaratnya seperti itu)pasti bahaya banget kan ? dan pasti capeknya bukan kepalang dehh, tapi kalo kuda nya gak kerja, pasti bapaknya ga bisa menafkahi keluarganya dongg, ya allah disini aku berfikir subhanallah sekali Engkau yang menciptakan hewan tanpa diberi akal seperti manusia, coba kalo ada, pasti udah protes protes deh itu kuda, dan bapaknya jadi gak bisa menafkahi keluarganya dehh. Nah, selain itu aku juga berpikir kalo ternyata cari rejeki untuk menafkahi keluarga itu susah yaa? Buktinya yaa kayak pak kusir itu, dia harus rela hati menggunakan kuda nya yang sedang hamil itu tadi, aduhh jadi inget ibuk nih, pasti ibuk juga bersusah payah yaa? Makanya jangan boros dongg  adiek cantikk J hemat , nabung biar ngerti rasanya cari uang itu susah ! ya Allah maafkan aku ya kalo aku sering boros dan kurang bersyukur --“ dan terimakasih atas semua nikmat dan karunia Mu ya Allah 

Nah hikmah terakhir nya itu, aku baru mikir kalo ternyata kuda itu kalo mau dijadiin andong matanya hrus ditutup. Nah, itu yang baru kusadari, hehehe selama ini kemana aja buuu’? coba deh bayangin, kalo misalnya manusia yang punya mata normal, harus ditutup matanya layaknya orang buta, ya allah pasti gaenak banget kan ? nah, itu dia point penting yang aku renungkan, kuda aja bisa kok mematuhi perintah majikan nya buat ditutup matanya untuk menghilangkan nafsu nya, karena kalo mata kud dibuka (ga ditutup) pasti deh kudanya akan lari kemana mana, gak mau diatur. Nah kalo kuda aja bisa, kenapa manusia ga bisa yaa? Harus nya manusia berkaca pada kuda, maksudya harusnya juga menutup mata (membutakan diri) dari perbuatan maksiat, dan tontonan bejat, menjaga pandangan, harusnya seperti itu, menjaga mata dari hal maksiat, demi mentaati perintah Nya agar menjadi salah satu insan yang bertaqwa, amin insya Allah…. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar